Seputar Kain Spunbond

Seputar Kain Spunbond

Januari 9, 2023 0 By Kusfandiari MM Abu Nidhat

Estuman Kusfandiari MM Abu Nidhat

Kain Spunbond merupakan jenis kain yang relatif kuat. Kain ini sering digunakan menggantikan plastik dan kertas, misalnya untuk shooping bag, goodie bag dan souvenir. Diproduksi dengan beragam ketebalan yang disesuaikan dengan peruntukan aplikasinya. Tampilannya yang cantik dan tidak berbahan kimia, membuat pemakaiannya aman dan ramah lingkungan. Juga mengingat bahan dasarnya bisa di daur ulang, tidak menimbulkan polusi, tidak berbahaya untuk lingkungan, serta bisa dicuci berulang kali.

Kelebihan lainnya, tidak memantulkan cahaya karena bahan non woven. Bisa disetrika untuk mengurangi kerutan (menggunakan panas sedang atau dilapisi kain). Bahannya yang kuat membuat kain Spunbond mudah untuk diolah, cocok untuk pemula karena mudah dijahit baik menggunakan mesin ataupun dengan tangan.

Kain Spunbond dijual dengan ukuran lebar 160cm. Berdasarkan gramasi yang disebut dengan GSM (Grams per Meter), secara garis besar, kain yang lebih tebal akan memiliki GSM yang lebih berat. Seperti celana jeans ber-GSM sebesar 400, jaket musim dingin ber-GSM lebih dari 600.

Kain Spunbond bisa dimanfaatkan sebagai kain furing, dan  populer karena bahan ini dianggap bisa menggantikan kebutuhan beragam barang yang dibuat dari plastik maupun kertas. Misalnya menggantikan pemakaian kantong belanja plastik.

Dengan memperhatikan tingkat ketebalannya, kain ini tergolong kuat dan tahan lama. Di toko atau supermarket biasanya disediakan tas Spunbond, tentu saja bukan gratis melainkan Anda harus membelinya. Tujuan utamanya untuk mengurangi penumpukan sampah plastik.

Spunbond merupakan bahan yang ramah lingkungan. Pembuatannya menggunakan metode termal, mekanik, hingga proses kimia. Produk yang dihasilkan bertekstur lebih kaku, namun mempunyai permukaan yang begitu halus, bahkan tampilan serat kainnya begitu rapat.

Kain Spunbond berkarakteristik yang cukup kuat. Bahkan digunakan di dunia kesehatan, karena bahannya yang aman, higienis, dan tidak menimbulkan kontaminasi bagi pengguna. Bahan ini biasa dibuat sebagai masker kesehatan, pampers disposable, tutup kepala, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, kini Spunbond dijadikan alternatif pemilihan bahan untuk beragam kebutuhan. Pemakaiannya biasa dipilih untuk menggantikan jenis material plastik atau pun kertas. Salah satunya yakni tas makanan yang rawan terkontaminasi kuman, bakteri, maupun virus.

Banyaknya produk tersebut tidak akan menyebabkan penumpukan sampah, sebab bahan Spunbond bisa didaur ulang untuk kembali dijadikan sebuah produk. Kalaupun tidak didaur ulang, Spunbond terurai dengan bantuan bakteri di alam.

Selain penggunaanya sangat aman bagi lingkungan, bahan Spunbond juga memiliki banyak manfaat dan kelebihan. di antaranya : bisa dipakai berkali-kali, bisa dibentuk beragam  kebutuhan (filter air, alas pot, dan sebagainya), sebagai greenscreen pengganti latar belakang secara digital, sebagai lapisan dinding kedap suara dalam studio podcast, dan spunbond bekas bisa dimanfaatkan sebagai topeng kreasi baru, dan sebagainya.

Guru Galib pun punya angan-angan untuk memanfaatkan seperti yang dijelaskan tersebut di atas.

Pangkur-Ngawi, 20221230.14440606.06.11 diperbaiki di Kemiri-Magelang, 20230109.14440616.15.37 Penulis tinggal di Pangkur, Budayawan, di GPMB Ngawi sebagai Penasihat.