JELANG SATU TAHUN KIPRAH GPMB-NGAWI

JELANG SATU TAHUN KIPRAH GPMB-NGAWI

Desember 22, 2022 1 By Riana

Kamis, 22 Desember 2022 bertepatan dengan hari ibu adalah satu tahun kiprah GPMB Kabupaten Ngawi mengemban visi dan misi dalam rangka mewujudkan budaya baca di seluruh lapisan masyarakat.

Acara yang dikemas dalam topik Desiminasi dan Refleksi Aksi GPMB Kabupaten Ngawi ini dipaparkan oleh Riana Fathonatul Qoidah,M.Pd ; selaku Ketua GPMB Ngawi. Dalam desiminasinya beliau menyampaikan beberapa hal sebagai oleh-oleh dari Rakornas di Jakarta pada tanggal 16 November 2022. Sebagai gerakanĀ  kegemaran membaca dan kecerdasan literasi yang partisipatif; melibatkan segenap komponen masyarakat, dan kolaboratif yakni mengembangkan jejaring diantaranya : Pembentukan GPMB tingkat desa, Safari Gerakan Literasi ke Perangkat Desa, Seminar Literasi bekerja sama dengan stakeholders, dan Monitoring kegiatan perpusdes.

Dalam perjalanannya GPMB Kabupaten Ngawi telah mengadakan beberapa aksi diantaranya kunjungan perpusdes, seminar , bedah buku , serta pembuatan website sebagai wadah kreatifitas para penulis hebat di lingkup Kabupaten Ngawi. Terbukti hingga saat ini sudah ada beberapa tulisan yang masuk ke website GPMB Kabupaten Ngawi. Kedepannya mempermudah dalam pembuatan buku antologi baik dalam bidang sastra, fiksi maupun non fiksi.

Tantangan dan hambatan dalam sebuah organisasi pasti ada, namun “on the road to be success there is always WE, not ME”. Selalu ada orang lain dalam sebuah kesuksesan, harus ada kolaborasi sehingga mampu melahirkan sebuah inovasi. Semoga kedepannya GPMB bisa memberikan rekam jejak yang indah dan bermanfaat bagi semuanya. Salam GPMB, Salam Literasi.